Saturday, January 4, 2014

Mr. Crabs Molting

 
Tiba-tiba teringat film kartun "Spongebob" di episode "Shell of a Man". Ceritanya Mr. Crabs mendapat undangan reuni dari teman-teman sekolah nya. Celakanya, Mr. Crabs sedang mengalami molting (ganti cangkang). Bermaksud membantu Mr. Crabs, Spongebob menyamar menjadi Mr. Crabs. Sayang nya penyamaran Spongebob terbongkar karena dia berbuat hal yang harusnya tidak Mr. Crabs lakukan. Akhirnya, Mr. Crabs dan teman-temannya mengakui apa yang sebenarnya terjadi pada dirinya masing-masing.

Segagah apapun Mr. Crabs dan teman-teman nya ternyata harus menghadapi perubahan. Molting (pergantian kulit) yang dialami Mr. Crabs bisa jadi menjadi pembelajaran yang baik bagi orang-orang yang mampu mengambil hikmah dari tiap kejadian. Mr. Crabs sebenarnya sudah nyaman dan membanggakan cangkangnya yang keras. Namun Mr. Crabs didesak oleh waktu untuk berubah. Awalnya Mr. Crabs marah dengan kondisi yang dialami, tidak mau menerima, menyalahkan orang lain, walaupun pada akhirnya, Mr. Crabs malah menjadi agent of change bagi teman-teman nya.
 
Seringkali kita juga berada pada kondisi Mr. Crabs yang dipaksa untuk berubah dan kadang kala kita merespon perubahan seperti Mr. Crabs merespon perubahan. Awalnya kita tidak menerima perubahan, kemudian menyalahkan orang lain atau dalam teori system dinamakan dengan entropy - di mana pusat panas akan melepaskan panasnya ke daerah yg lebih dingin. Panasnya rasa tidak mau menerima perubahan mencari pelampiasan ke daerah dingin, ke daerah orang-orang yang tidak tahu ada nya perubahan atau yang menerima perubahan.

Di fase ini tinggal siapa yang paling kuat untuk mempengaruhi. Apa si Resisten Perubahan, atau si Pro of Change? Jika si Resisten lebih kuat terjadi lah Glass Light, atau pantulan cahaya dari si Resisten kepada orang-orang yang didekati, sehingga perubahan menjadi pertentangan yang tiada habis nya. Atau jika si Pro of Change lebih persuasif, bisa jadi si Resisten akan menjadi agent of change yang mengawal dan memastikan perubahan.


Coba kita lihat lebih dalam perubahan yang terjadi pada Mr. Crabs. Saat Mr. Crabs sudah bisa menerima proses molting dan menjadi agent of change, Mr. Crabs sebenarnya masih dalam posisi bahaya. Kulit nya yang lembek mengundang para predator. Bahkan, crabs yang sedang molting atau sering disebut "Kepiting Soka" sangat diburu manusia karena harga jual nya menjadi mahal. Begitu juga dengan hakekat perubahan, proses perubahan yang menyakitkan belum seberapa berbahanya dibandingkan proses menemukan "kulit keras" lagi. Akan banyak "predator-predator" yang mencari keuntungan dari berburu dan menggagalkan perubahan. Hanya Crabs yang berhasil menyelamatkan diri dari predator lah yang kemudian memiliki tubuh lebih besar dan kulit lebih kuat. Jika sudah seperti ini, para predator yang mau memangsa pun berpikir dua kali untuk memangsa dan mengambil keuntungan.

Berkah selalu
Anker-Andi Keren
 

No comments:

Post a Comment