Sunday, February 15, 2015

Tempat Keberkahan


 
Pernahkah Anda bertanya-tanya, apakah tempat kerja saya sekarang itu memang tempat kerja yang berkah – Hoki kata orang Cina? Hingga bekerja begitu dimudahkan, lingkungannya begitu support, nyaman, rezeki yang dihasilkannya pun membawa happiness.

Keberkahan, mungkin kata yang pertama kali dipikirkan bapak saya saat pertama kali saya mengutarakan keinginan untuk mencari sesuap nasi dan segunung berlian di negeri rantau. Bapak saya memanggil dan bertanya “sudah mantab niat mu merantau le?” Saya pun menjawab “Insyaallah sudah pak”.

“Le, bapakmu tidak bisa memberikan bekal apa-apa untuk mu merantau. Hanya satu doa yang bapakmu titipkan untuk menjadi wiridmu selama di rantau”. Dan bapak pun membukakan untuk saya QS Al Mu’minum : 29 “Ya Robbi Anzilni Munzalan Mubarokan, Wa Anta Khoirul Munzilin (Ya Robbi,tempatkanlah aku pada tempat yang diberkati, dan Engkau adalah sebaik baik yang memberi tempat

Doa yang begitu menggetarkan untuk menyerahkan keputusan pada Tuhan, menunjukan tempat kerja kita berkah atau tidak? Doa itu pun menjadi bekal yang luar biasa, senjata pamungkas saat saya bekerja di rantau. Setiap kali akan melamar kerjaan, doa ini yang saya rapal. Setiap kali memulai hari baru, doa itu juga yang menjadi pengantar perjalanan.

Karena, saya yakin bisa jadi tempat yang saya datangi membuat saya dijauhkan dengan kebaikan dan didekatkan dengan keburukan. Kesempatan-kesempatan berbuat jelek didekatkan dan kekuatan mental saya tidak sanggub membendungnya. Dan bisa jadi tempat itu menjadi keberkahan bagi orang lain, yang ternyata kekuatan mentalnya malah membuatnya mampu merubah hal-hal buruk menjadi hal baik.

Doa itu ibarat penolak bala yang ampuh. Nilai keberkahan itu luar biasa kawan. Rezeki yang berkah akan menarik rezeki yang lain, mendatangkan kecukupan untuk apapun. Sebaliknya saat rezeki tidak berkah, sebesar apapun rezeki yang di dapat rasanya kok ya kurang dan hilang. Keberkahan memang menjadi hal serius kawan. Tak heran jika tuhan sendiri menempatkan ayat keberkahan di dalam kitab nya yang mulia.

Begitu juga saat gonjang-ganjing perasaan tidak nyaman di tempat kita kerja. Banyak isu yang berhembus, hingga kita susah membedakan mana yang issue dan mana kabar yang benar.

Bisa jadi doa ini menjadi menentram hati yang luar biasa bagi kita. Semakin saya meresapi doa itu semakin saya meyakini, tidak ada yang sia-sia dalam setiap kejadian dan penempatan. Karena Tuhan punya rahasia yang tidak terjangkau, bahkan oleh imajinasi hebat manusia.

Jika kehebatan imajinasi yang tanpa menyentuhkan tangan ke matahari, mampu mengetahui panas matahari di area yang paling dingin bisa mencapai 6000 derajat celcius. Dan kehebatan imajinasi manusia mampu mengetahui cahaya dari matahari sampai ke bumi dalam waktu 8 menit. Padahal manusia belum pernah melihat segitu cepatnya cahaya begerak.

Maka semua keperkasaan imajinasi manusia masih dikalahkan oleh rahasia keberkahan oleh tuhan. Jadi adakah yang sia-sia dari apa yang Dia lakukan?
Berkah Selalu
N Kuswandi

No comments:

Post a Comment