Tuesday, October 22, 2013

Blusukan "Management by Wandering Around" Skill Kedua

Di catatan sebelumnya saya bercerita tentang skill pertama melakukan "Management by Wandering Around-MBWA" berupa open communication, skill kedua untuk melakukan MBWA berupa memberikan feedback (saran). Feedback yang diberikan tentunya tidak hanya feedback-feedback untuk pengembangan (development feedback), namun juga feedback terhadap perilaku atau performance (kinerja) yang diharapkan (positif feedback). Development feedback berfungsi untuk memotivasi orang yang sedang jatuh performance nya atau yang perilakunya tidak diharapkan oleh perusahaan. Dengan memberikan development feedback secara sebenarnya kita memperlemah atau menghilangkan perilaku yang tidak diharapkan atau performance yang tidak tercapai. Sedangkan positif feedback berfungsi untuk memotivasi orang mempertahankan dan meningkatkan performance yang bagus atau perilaku yang diharapkan muncul. Tujuan akhir memberikan positif feedback adalah memperkuat perilaku yang ditunjukkan, sehingga perilaku yang menjadikan nya mencapai performance tinggi dapat dipertahankan.

Tanpa positif dan development feedback orang tidak akan tahu yang dilakukan sudah benar atau salah. Feedback adalah bentuk nyata fungsi kontrol yang dilakukan oleh para leader. Sayang nya tool pintar ini jarang digunakan dengan maksimal oleh para leader. Dengan beberapa alasan, para leader cenderung sama sekali tidak memberikan feedback kepada anggota teamnya, ataupun kalau memberikan feedback cenderung dominan hanya memberikan positif feedback saja atau development feedback saja. Padahal dominan memberikan development feedback bisa berakibat tidak baik bagi anggota team. Terlalu sering menerima development feedback bisa jadi membuat anggota team dendam kepada leader nya. Anggota team yang sering diberikan development feedback juga bisa mengakibatkan mereka cepat stress, strok dan berakir stop. Sedangkan dominan memberikan positif feedback juga berbahaya. Anggota team tidak akan sadar ada perilaku atau performance yang tidak diharapkan. Selain itu positif feedback yang diberikan secara berlebihan akan berakibat menutup hati dan pikiran anggota team. Akibat jangka panjangnya saat ada performance atau perilaku yang tidak diharapkan dan harus diberikan feedback bisa jadi langsung defense.

Selain kecenderungan untuk memberikan development feedback saja atau positif feedback saja, permasalahan kedua dalam memberikan feedback adalah kecenderungan tidak memberikan feedback sama sekali. Ada tiga alasan kenapa orang tidak memberikan feedback kepada anggota team nya. Alasan pertama adalah tidak tahu manfaat melakukan feedback. Alasan kedua sungkan memberikan feedback. Apalagi sebagai orang timur yang cenderung punya budaya rikuh. Dan alasan ketika adalah takut memberikan feedback.

Mengatasi kecenderungan memberikan dominasi feedback pada positif feedback saja atau development feedback dapat dilakukan dengan sandwich feedback. Seperti sandwich yang terdiri dari roti-isi-roti, maka sandwich feedback bisa dilakukan dengan memberikan pengantar - development feedback- positif feedback. Setiap perilaku ataupun performance pasti tidak 100% salah dan tidak 100% benar. Jika kita amati pasti selalu ada sebagian yang benar dan semakian yang salah. Sandwich feedback menganut prinsip ini, satu lapis development feedback dan satu lapis positif feedback.

Sedangkan kecenderungan tidak memberikan feedback dengan tiga alasan diatas, sebenarnya bisa diatasi dengan mempelajari ulang budaya asli timur (Nusantara). Sebelum VOC atau Belanda datang ke Indonesia dan memutarbalikan budaya Nusantara, sebenarnya Nusantara memiliki budaya proaktif. Mereka proaktif mengarungi samudra menguasai dan menyatukan kerajaan-kerajaan menjadi satu. Merekalah para pemberani yang memulyakan Nusantara. Samudra Pasai, Sriwijaya, Singosari, dan Mataram adalah contoh nyata budaya pemberani dan proaktif nya Nusantara.

Berkah Selalu
N. Kuswandi

2 comments:

  1. Based on this article, Management by Wandering Around consists of two skils:

    1. Open communication,
    2. Feedback (development, positive, performance).

    Thank for share :)

    Regards, @MasNovanJogja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul pak... Masih ada beberapa skill lain yang akan saya tulis berikutnya.
      Mas Novan dulu ikut Training & Development Summit 2011 ya, saya juga ikut mas, sayang belum sempat bertemu ya

      Delete