Friday, March 14, 2014

Perbaiki CV Anda





Jika Anda mengikuti proses seleksi, gerbang pertama yang pasti akan Anda lalui adalah gerbang seleksi administrasi. Di gerbang ini recruiter akan mengecek kesesuaian berkas Anda dengan iklan lowongan kerja. Artinya jika Anda tidak memenuhi klasifikasi sesuai dengan lowongan kerja, idealnya jangan coba-coba melamar. Berkas lamaran Anda hanya akan menjadi penghuni sudut gudang.
 
Beberapa artikel sebelumnya, saya sudah menjelaskan beberapa hal untuk mengisi CV Anda. Jika Anda Fresh Graduate yang mengincar lowongan experience maka gunakan waktu selama kuliah mengikuti project jangka panjang di area yang Anda impikan. Kemudian masukkan pengalaman Anda mengikuti project di kolom pengalaman kerja. Tulis jabatan tertinggi saat Anda mengikuti project tersebut, contohnya project manager “apa” di perusahaan “apa”, tahun nya Anda tulis dari pertama kali Anda terlibat project sampai dengan akhir project. Contoh nya;
Jabatan Perusahaan Tahun
Project Manager Training and Development Super Quantum Consultant 2003 - 2008

Ada seorang teman yang bertanya, “saat saya ngikuti training persiapan kerja, trainernya mengatakan untuk membuat CV menarik lain dari pada yang lain, apakah memang berpengaruh?” Jika yang menarik hanya grafisnya, CV Anda memang cenderung akan dibaca oleh recruiter. Namun, apa manfaatnya kalau cuma dibaca tanpa dilanjut diproses berikutnya. Lagi-lagi karena kualifikasi Anda tidak memenuhi requirement atau persyaratan yang dibutuhkan.
“Aduh, kalau begitu caranya recruiter, berarti saya tidak memiliki kesempatan melamar pekerjaan dong pak. Saya tidak memiliki reputasi berkas yang baik, IPK saya dibawah persyaratan yang ditentukan. Pengalaman saya juga tidak memenuhi persyaratan”.
Coba kita diagnose kemampuan Anda, jika reputasi Anda memang tidak baik namun Anda yakin memiliki tujuh habit anggukan universal (proaktif, begin with the end, mendahulukan yang utama, win-win, synergy, empathy, dan pembelajar) maka Anda masih punya kesempatan untuk diselamatkan. Ketujuh habit tersebut akan diuji di gerbang seleksi ke dua (psikotes), dan ketiga (wawancara HRD). Tentunya Anda harus selamat dahulu dari gerbang pertama.
 
Bagi Anda yang merasa memiliki kasus seperti ini, Anda bisa melakukan hal berikut untuk selamat dari gerbang seleksi pertama, gerbang seleksi administrasi. Tentunya Anda tidak bisa meyakinkan recruiter melalui CV dengan reputasi berkas yang Anda miliki. Berarti Anda perlu meyakinkan recruiter dengan cara yang lain. Penasaran caranya ?
Yakinkan recruiter yang memeriksa berkas Anda melalui audio ataupun visual. Berkas-berkas yang dipersyaratkan tetap harus dilampirkan, namun lampirkan juga CD yang berisi audio ataupun visual. Di rekaman audio video tersebut, sampaikan kepada recruiter bahwa reputasi Anda diberkas lamaran memang tidak sesuai seperti yang dipersyaratkan. Jelaskan kenapa reputasi Anda tidak bagus, dan kemudian yakinkan recruiter bahwa sebenarnya Anda memiliki potensi yang bagus. Buktikan potensi yang Anda ceritakan dengan bukti pencapaian yang pernah Anda raih. Perhatikan juga durasi audio video yang Anda rekam. Ingat seorang recruiter memiliki waktu yang sangat terbatas. Durasi 15 detik pertama rekaman CD Anda, akan menentukan, recruiter melanjutkan melihat atau menghentikan rekaman CD Anda. Sehingga Anda harus benar-benar membuat CD Anda powerfull. Panjang durasi CD juga mempengaruhi seorang recruiter menyelesaikan melihat CD Anda atau tidak. Idealnya, durasi CD Anda hanya 2-3 menit.

Berkah Selalu
Novianta Kuswandi
 


No comments:

Post a Comment