Thursday, March 27, 2014

Fresh Graduate Lolos Seleksi Lowongan Experience



Apakah memang lowongan untuk fresh graduate itu hanya management trainee (MT) dan low position? Benar sih, seandainya saya bisa tembus seleksi MT, saya akan menempati posisi first managerial level. Tapi kan harus mengikuti proses pendidikan MT lagi selama 1-2 tahun. Bahkan dibeberapa perusahaan sampai 3 tahun. Sebenarnya ada cara gak sih, agar setelah lulus kuliah, langsung menempati posisi first managerial level.

Setiap kem
auan pasti ada jalan - Man Jada Wa Jadda. Lagi-lagi ini adalah masalah reputasi, jika Anda fresh graduate yang ingin melamar untuk lowongan yang mensyaratkan pengalaman kerja, maka jawabannya Anda harus membangun reputasi pengalaman kerja.

Selama menjadi mahasiswa, sebenarnya banyak hal yang bisa dilakukan untuk membangun reputasi pengalaman kerja. Sayangnya keleluasaan waktu yang dimiliki mahasiswa hilang dengan melakukan kegiatan tidak bermanfaat. Padahal, pengalaman saya mengajarkan waktu belajar yang paling fleksibel dan paling banyak free nya adalah saat menjadi mahasiswa. Bagaimana tidak, selain jam belajarnya yang kurang drastis dibanding sewaktu SMA, di tempat kuliah saya dulu juga dikasih tolelir untuk tidak masuk sebanyak 3 kali per mata kuliah.

Waktu itu bisa dimanfaatkan untuk membangun reputasi pengalaman kerja. Salah satu cara yang bisa digunakan untuk membangun reputasi kerja adalah dengan ikut project jangka panjang yang berhubungan dengan jurusan Anda. Jika Anda mahasiswa psikologi yang tertarik dengan dunia recruitment, ikutlah project assessment di Lembaga Psikologi Terapan tertentu. Ingat yang namanya project jangka panjang itu durasinya minimal 3 tahun. Dan pastikan sebelum Anda keluar dari project itu ada sudah diberi wewenang setidaknya untuk ngelead satu project. Kemudian di CV yang Anda buat, cantumkan dengan menyebut "Project Manager Assessment Lembaga Psikologi Terapan XXX".

Dengan mencantumkan pengalaman di CV Anda, setidaknya Anda sudah lulus seleksi administrasi. Langkah berikutnya adalah tembus psikotes, interview user, interview HR. Di interview user yang akan ditanyakan adalah knowledge dan skill Anda, maka kembali sebelum Anda lulus, bangun reputasi pengetahuan knowledge dan skill Anda. Sedangkan saat seleksi psikotes dan interview HR, lagi-lagi reputasi yang harus dibangun adalah "7 Habit" sebagaimana saya tulis di artikel sebelumnya "Anggukan Universal Para Recruiter".

Berkah Selalu
N. Kuswandi

 

No comments:

Post a Comment