Sunday, December 14, 2014

Steadiness Ahli Tai Chi


 

 

Jika Anda bukan seorang dominance yang punya kecenderungan going solo atau memutuskan sendiri dalam mengambil keputusan. Dan Anda juga bukan seorang influence yang punya kecenderungan hastiness atau terburu-buru dalam mengambil keputusan. Mungkin kepribadian Anda adalah steadiness.

 
Jangan keburu senang dulu, layaknya dua kepribadian pertama, orang-orang berkepribadian steadiness juga memiliki kecenderungan terjebak pada jebakan pengambilan keputusan.

 
Orang dengan kepribadian steadiness memiliki kesamaan dengan tipikal influence dalam hal “People Oriented”. Walaupun begitu, orang-orang berkepribadian steadiness memiliki perbedaan dengan kepribadian influence pada introvert-extrovert nya. Jika kepribadian influence punya kecenderungan extrovert, maka kepribadian steadiness punya kecenderungan introvert.

 
Alih-alih senang menjadi pusat perhatian, orang-orang steadiness lebih senang dan ahli dalam mengamati.Saat influence berbicara dan menjadi bintang perhatian, orang-orang  steadiness akan menjadi pendengar yang baik. Bahkan terkesan tidak ada dalam kelompok, “abaikan saya-abaikan saya” begitu hatinya berkata.

 
Mereka akan kelihatan saat mulai muncul konflik ditengah kelompok. Dengan kemampuan alami nya, orang-orang berkepribadian steadiness menjadi pendamai yang baik. Merekalah para pencinta damai.

 
Kemampuannya untuk mendamaikan koflik dan sifatnya yang tidak senang berkonflik muncul dari kombinasi people oriented dan introvert nya. Orientasi  nya pada people membawa nya lebih senang dengan keberadaan orang. Dan introvert nya membuat lebih senang menyimpan ketidaksetujuannya dalam hati.

 
Sebagai pencinta damai, orang-orang berkepribadian steadiness cenderung tidak suka memaksa keputusan yang dibuat. Sehingga secara otomatis akan terhindar dari jebakan pengambilan keputusan going solo atau mengambil keputusan sendiri, seperti yang cenderung dialami pribadi dominance. Sebagai pecinta damai, orang-orang berkepribadian steadiness juga cenderung tidak suka mengambil keputusan secara terburu-buru. “Jangan sampai ada yang tersakiti” begitu mungkin kata hatinya. Artinya orang-orang steadiness juga punya kecenderungan untuk terhindar dari jebakan pengambilan keputusan hastiness atau terburu-buru, layaknya kecenderungan pribadi influence.

 
Bukan berarti orang-orang berkepribadian steadiness tidak memiliki kecenderungan terjebak dalam pengambilan keputusan. Karena kecintaannya pada kedamaian, orang-orang steadiness cenderung terjebak dalam pengambilan keputusan berupa “Decision Dodging” atau mengelak mengambil keputusan. Jebakan decision dodging bagi pribadi steadiness muncul dari perasaan jangan sampai ada yang tersakiti dari keputusan yang dibuat.

 
Mereka yang terjebak dalam jebakan decision dodging sering kali diplesetkan sebagai master kungfu Tai Chi. Ciri utama kungfu Tai Chi terletak pada gerakan melambai memanfaatkan tenaga lawan untuk mengurangi energi yang merusak dan dikembalikan ke penyerang. Begitu juga dengan orang-orang yang terjebak decision dodging, mereka menghindari mengambil keputusan dan meneruskan keputusan kepada orang lain.

 
Seperti jebakan pengambilan keputusan lain yang memiliki resiko, begitu juga dengan jebakan decision dodging. Resiko pertama yang akan ditanggung orang-orang yang sering terjebak dalam jebakan decision dodging adalah kehilangan moment terbaik. Orang lain akan terlalu lama menunggu keputusan yang dibuat, hingga kesempatan yang datang pun akhirnya hilang.

 
Resiko berikutnya yang akan dihadapi adalah pekerjaan yang terbengkalai. Segala keputusan yang perlu diambil selalu dilempar keorang lain. Saat orang yang dilempar belum ada atau parahnya yang dilempar juga melempar pada orang lain yang terjadi adalah lingkaran setan yang tidak kunjung selesai. Pekerjaan pun akhirnya terbengkalai.

 
Dan resiko yang juga tak kalah beratnya adalah dicap sebagai orang yang tidak bertanggung jawab. Bagaimana tidak, saat keputusan harusnya segera dibuat, mereka malah mengulur waktu agar orang lain saja yang mengambil keputusan. Dan kalau sudah menyangkut image atau cap, urusannya menjadi agak berat, karena akan susah untuk dirubah.

 
Berkah selalu
N Kuswandi

No comments:

Post a Comment