Sunday, January 4, 2015

Daniel Pink Modifikasi Perilaku Project Sunlight

Dari bulan Oktober sampai Desember 2014 kemarin Sunlight dibawah Unilever sedang gencar-gencar nya mempromosikan Project Sunlight. Agar mengingatkan memori yang dimiliki berikut link video nya
 
 
Pada intinya Project Sunlight ini adalah gerakan untuk menumbuhkan kesadaran mencuci tangan.  

Ikutan penasaran juga bagaimana membuat orang tersadar untuk mencuci tangan. Penasaran saya sebenarnya dilandasi dari misi hidup saya di tahun 2014, Behavior Modifying – ahli dalam memodifikasi perilaku. Logika saya bukankah membuat orang yang awalnya tidak suka mencuci tangan menjadi suka mencuci tangan adalah bentuk modifikasi perilaku.

Coba-coba searching seorang ahli yang saya anggab sebagai guru perubahan perilaku, Daniel Pink. Ternyata Daniel Pink pernah melakukan treatment untuk mengubah perilaku orang untuk mencuci tangan setelah buang air kecil saat menonton pertandingan Bisbol.

Dari penelitian awal yang dilakukan, Daniel Pink menemukan bahwa para penonton pertandingan Bisbol yang buang air kecil hanya 40% saja yang mencuci tangan setelah buang air kecil. Menggunakan hasil penelitian peneliti dari Belanda yang menemukan bahwa bau lemon identic dengan bau sabun cuci. Daniel Pink membuat hipotesis bahwa bau khas lemon yang identik sudah masuk ke dalam alam bawah tak sadar manusia. Setiap kali mencium bau lemon, alam bawah tak sadar manusia menyimpulkan ada sabun cuci dan mendorong orang untuk cuci tangan.

Daniel Pink kemudian menggunakan membuat treatment berdasarkan hipotesisnya untuk mengubah perilaku cuci tangan para penonton pertandingan Bisbol. Dipasanglah alat pengharum ruangan dengan rasa lemon yang khas di toilet stadion pertandingan Bisbol. Beberapa saat kemudian, Daniel Pink memonitor perubahan perilaku yang terjadi. Dari pengamatan yang dilakukan, Daniel Pink berhasil membuktikan hipotesisnya. Bau khas lemon bekerja secara misterius, alam bawah tak sadar manusia berbisik pada otak untuk mencuci tangan saat membau lemon.

Selama penelitiannya menggunakan cara kerja misterius lemon, Daniel Pink berhasil merubah perilaku mencuci tangan.  Jika pada awal nya hanya 40% saja orang yang mencuci tangan, setelah dilakukan treatment menjadi 72% penonton pertandingan Bisbol berubah perilaku nya menjadi mau mencuci tangan setelah buang air kecil.

Belum puas dengan hasil  penilitiannya, Daniel Pink berkeinginan meningkatkan hasil penilitiannya. Daniel Pink percaya semangat mencuci tangan sebenarnya masih bisa lebih ditingkatkan. Jika dipenelitian awal Daniel Pink menggunakan konsep pendekatan psikologi analisis, penelitian berikutnya Daniel Pink menggunakan pendekatan psikologi behavioristic. Dengan psikologi analisis focus Daniel Pink adalah alam bawah tak sadar. Sedangkan dengan psikologi behavioristic focus nya adalah pembiasaan dengan reward dan punishment.

Alih-alih menggunakan punishment di penelitian nya yang kedua, Daniel Pink di penelitiannya kedua lebih cenderung menggunakan reward. Daniel Pink berfikir bagaimana membuat kegiatan mencuci tangan menjadi hal yang menyenangkan saat dilakukan.

Dan inilah yang dilakukan, Daniel Pink memasang technology di kran air, tempat sabun, dan tempat mengambil tisu. Seperti kita tahu, pertandingan Bisbol memiliki back sound suara yang khas. Perhatikan back sound suara pelempar bola melemparkan bola, perhatikan back sound saat bola bisa dipukul oleh pemain dan perhatikan juga back sound saat pemain mendapatkan point. Ketiga back sound tersebut lah yang dipasangkan di kran air, tempat sabun, dan tempat mengambil tisu.

Saat orang menyalakan kran, selama kran nya mengeluarkan air akan muncul suara back sound pelempar bola. Saat orang mengambil sabun cuci tangan muncul back sound bola dipukul. Dan saat tisu diambil muncul back sound pemain mendapatkan point.

Tentu saja para penonton pertandingan Bisbol adalah orang-orang yang cinta Bisbol. Saat mencuci tangan dan mendengar back sound Bisbol muncul perasaan senang. Saat ada orang yang habis buang air kecil akan keluar toilet tanpa cuci tangan, kemudian mendengar ada suara yang dia kenal karena ada yang sedang cuci tangan. Suara itu menarik perhatian orang tersebut dan membuat tidak jadi langsung keluar. Orang tersebut pun akhirnya juga ikut mencuci tangan.

Menariknya technology yang dibuat Daniel Pink ternyata meningkatkan orang dalam mencuci tangan setelah buang air  kecil. Dari 40% orang yang mencuci tangan menjadi 72% dengan bau khas lemon, dan meningkat menjadi 80% dengan technology yang menyenangkan.

Berkah Selalu
N Kuswandi

No comments:

Post a Comment